Langsung ke konten utama

Cuba


Si Cuba
Afandil Qurba. Sahabat sekaligus ‘musuh’ terhebatku. Terima kasih atas tempaannya selama ini. Izinkan adikmu ini mengagumimu dalam diam. 


Entah, bulan ini kenapa tiba-tiba aku merasa bangga menjadi adikmu. Aku kumpulkan semua data di sini setelah berselancar di dunia maya. 


Apa? Marah? Ayo berantem (pasang kuda-kuda). Lawing? Hmm, boleh juga nama panggilanmu itu. (Mantan) Aktifis Mapala, salam harmoni bersama alam.

Setiap manusia adalah pelukis,
alam sekitarnya adalah kanvas
Dilarang cengeng!
http://www.kaltimpost.net/berita/index.asp?berita=ProKaltim&id=153262
Kamis, 23 Maret 2006*

*Tampilkan Drama Mandi dan Minum Pasir
**Peringatan Hari Air Sedunia*

SAMARINDA - Memperingati Hari Air yang diperingati Rabu (22/3) kemarin,
puluhan mahasiswa di Samarinda yang merupakan gabungan Imapa Unmul dan
Forum Satu Bumi kembali menggelar aksi damai di simpang empat Mal
Lembuswana. Dalam aksi itu seperti biasa mereka mengisinya dengan
membagi-bagikan selebaran akan tuntutan mereka yang intinya menolak
secara tegas segala bentuk privatisasi air dan mendesak Bappedalda
Kaltim untuk transparan dalam hal kadar mutu kualitas air Sungai Mahakam
setiap tiga bulan sekali melalui media lokal.

"Kami minta agar segera dibentuk tim independen untuk audit lingkungan.
Pokoknya segera audit perusahaan di sepanjang DAS (Daerah Aliran Sungai)
Mahakam yang disinyalir sebagai pemasok limbah. Kami juga menolak segala
upaya penghancuran sumber air yang berakibat pada mahalnya air yang
berujung pada privatisasi air," jelas Lawing, Ketua Imapa Unmul yang
juga korlap aksi damai kemarin.

Sekadar diketahui, Sungai Mahakam yang melintasi Kaltim sepanjang 2.700
kilometer merupakan bagian dari ekosistem yang tak terpisahkan sebagai
penyangga kehidupan mahluk yang berada di sepanjang DAS (Daerah Aliran
Sungai) Mahakam. "Kami mencatat ada sekitar 137 perusahaan yang terbagi
dalam jenis tambang batubara sebanyak 45 perusahaan, tambang minyak 3,
tambang emas 1, perkebunan sawit 10, industri pengolahan kayu lapis 19,
HPH 114 perusahaan, HTI 6 perusahaan dan masih banyak lagi industri
kecil berskala rumah tangga yang tentunya pembuangan limbahnya
memanfaatkan aliran sungai," kata Lawing.

Yang menarik dalam aksi kemarin, mereka juga menampilkan teaterikal atau
drama tentang krisis air. Dalam aksi yang diperankan tiga orang itu
melakukan aksi mandi dan minum pasir yang menggambarkan bahwa beberapa
tahun lagi Sungai Mahakam bakal krisis air dan masyarakat Kaltim akan
mandi pasir bila permasalahan yang ada selama ini tak diperhatikan.
"Kami ingin warga tahu bila masalah air ini sangat serius. Makanya kami

selingi dengan drama mandi pasir tersebut," tambah Lawing.(nat)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Agama

A.Pengertian Agama

Para pakar memiliki beragama pengertian tentang agama. Secara etimologi, kata “agama” bukan berasal dari bahasa Arab, melainkan diambil dari istilah bahasa Sansekerta yang menunjuk pada sistem kepercayaan dalam Hinduisme dan Budhisme di India. Agama terdiri dari kata “a” yang berarti “tidak”, dan “gama” berarti kacau. Dengan demikian, agama adalah sejenis peraturan yang menghindarkan manusia dari kekacauan, serta mengantarkan menusia menuju keteraturan dan ketertiban.
 Ada pula yang menyatakan bahwa agama terangkai dari dua kata, yaitu a yang berarti “tidak”, dan gam yang berarti “pergi”, tetap di tempat, kekal-eternal, terwariskan secara turun temurun. Pemaknaan seperti itu memang tidak salah karena dala agama terkandung nilai-nilai universal yang abadi, tetap, dan berlaku sepanjang masa. Sementara akhiran a hanya memberi sifat tentang kekekalan dankarena itu merupakan bentuk keadaan yang kekal.

Akal dan Wahyu dalam Islam

A.Pendahuluan
Di dalam ajaran agama yang diwahyukan ada dua jalan untuk memperoleh pengetahuan, pertama, jalan wahyu dalam arti komunikasi dari Tuhan kepada manusia, dan kedua jalan akal, yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia, dengan memakai kesan-kesan yang diperoleh panca indera sebagai bahan pemikiran untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan. Pengetahuan yang dibawa wahyu diyakini bersifat absolut dan mutlak benar, sedang pengetahuan yang diperoleh melalui akal bersifat relatif, mungkin benar dan mungkin salah.
Makalah ini akan mencoba membahas kedua hal tersebut. Sebuah topik pembahasan yang sarat dengan dialektika para ulama, baik yang terdahulu hingga kini; sebuah telaah sederhana guna mencoba memahami pemikiran-pemikiran ulama terdahulu yang telah terlebih dahulu hanyut dalam perdebatan panjang.

Awal Masuknya Islam ke Indonesia

Agama Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali ke Indonesia. Ada banyak teori dan pendapat yang terdapat pada kisah masuknya ajaran Islam ke Indonesia. Berikut ini dipaparkan teori dan pendapat para sejarawan asal mula masuknya Islam ke Indonesia.  
Masuknya Islam ke Indonesia
Masalah masuknya Islam ke Indonesia  dan dari daerah atau negara mana Islam datang, banyak teori yang dikemukakan oleh para ahli sejarah. Pertama, Islam sudah datang ke Indonesia sejak abad pertama Hijriah atau abad ke-7. Di antara ilmuwan yang menganut teori ini adalah, J.C. Van Leur, Hamka, Abdullah bin Nuh, D. Shahab dan T.W Arnold.
Menurut J. C. Van Leur, pada tahun 675 di pantai Barat Sumatera telah terdapat perkampungan Arab Islam. Dengan pertimbangan bangsa Arab telah mendirikan perkampungan perdagangannya di Kanton pada abad ke-4. Perkampungan perdagangan ini mulai dibicarakan pada tahun 618 M dan 628 M. Tahun-tahun berikutnya perkembangan perkampungan perdagangan ini mulai mempraktikan ajara…