Sabtu, 11 Juni 2016

Dilwale



Ini tentang kisah cinta yang bersemi di tengah api kebencian dua keluarga besar. Cinta diuji oleh dendam kesumat antara dua keluarga mafia India yang saling baku bunuh akibat memperebutkan emas: Keluarga besar Raj (Syahrukh Khan) dan keluarga besar Meera (Kajool). Namun dendam kesumat tersebut rupanya telah mengukir kisah cinta nan syahdu antara Raj dan Meera. 


Pelbagai pengkhianatan terjadi di antara mereka. Kepura-puraan, intrik dan strategi untuk saling menghancurkan telah mereka lakukan satu sama lain. “Bila aku sampai melihatmu lagi, kubunuh kau,” kata Raj suatu waktu kepada Meera. Kejadian yang paling memilukan adalah pertarungan yang melibatkan Ayah Raj dan Ayah Meera di hari pertunangan mereka. Alih-alih menyatukan cinta dan keluarga besar, pertunangan itu hanyalah intrik keluarga Meera guna memisahkan anaknya dari Raj. 





Pasca wafatnya Ayah Raj dan Ayah Meera dalam sebuah pertarungan sengit pada hari pertunangan tersebut, Raj tak pernah berpikir akan kembali bertemu Meera. Pertarungan itu juga menyisakan luka mendalam bagi Meera. Pasalnya, Meera mendapati Raj memegang pistol tepat di hadapan ayahnya yang tengah meregang nyawa. Belumlah lagi Raj sempat menjelaskan, Meera yang sudah kepalang marah bercampur sedih menarik pelatuk pistol ke arah dada Raj. Beruntung Raj tidak meninggal. Keduanya pun berpisah dengan masing-masing membawa potongan cinta yang terungkapkan. Pilu.

15 tahun berlalu dari peristiwa itu, Raj hidup normal sebagai pemilik bengkel mobil. Tak pernah terpikir dalam benaknya akan kembali dengan Meera. Ia telah berupaya membunuh cintanya dalam-dalam kepada cinta pertamanya. Meera pun demikian. Di usianya yang sudah tidak lagi belia, keduanya masih membujang. Meski menyakitkan, Raj telah memaafkan masa lalu kelamnya bersama Meera yang berkali-kali menyakiti hatinya. Dan, rupanya, cinta tak serapuh itu untuk dimusnahkan.


Pertemuan Raj dan Meera bermula dari kisah Veer (Varun Dhawan), adik angkat laki-laki Raj, jatuh cinta kepada Ishita (Kriti Sanon) adik kandung Meera. Tak kalah kompleks dari hubungan Raj dan Meera, kisah Veer dan Ishita pun menghadirkan keputusan ‘buah simalakama’. Hal ini terjadi ketika Meera, meminta Veer untuk memilih antara Raj atau Ishita. “Bila kau ingin menikah dengan adikku, kau harus tinggal di rumah ini dan melupakan kakakmu,”ujar Meera kepada Veer. 

Drama kesetiaan pun terjadi, dan Veer harus meregang cintanya. Dengan hati yang runtuh, Veer memilih kakak yang telah merawatnya dengan penuh kasih sayang hingga dewasa ketimbang memilih cintanya, Ishita. Keputusan Veer inilah yang menjadi pintu pembuka bagi berseminya kembali cinta Raj dan Meera. Dalam senyap, keduanya bekerjasama untuk mengakurkan kedua kakak mereka. Dalam proses inilah banyak adegan konyol yang dapat mengundang pingkal sehingga menetralisir efek melankolis film besutan sutradara Rohit Shetty tersebut. Turut terlibat pula para tokoh Bollywood lainnya seperti, Boman Irani, Varun Sharma, Vinod Khann.

Salah satu adegan yang paling menyihir dari film ini adalah saat Raj dan Meera memadu kasih dalam sebuah lagu berjudul Gerua. Bagi yang memahami arti lirik sesungguhnya dari lagu ini, saat mendengarnya siapkanlah tissu. Pasalnya, syahdu dan penuh aura mistis. Lagu ini mewartakan kerinduan seorang pecinta kepada Sang Maha Cinta. Kabarnya, penulisan lirik ini dibuat oleh seorang mistikus India kontemporer dengan mengambil inspirasi Rumi. Gerua sendiri artinya warna pinknya India, warna tanah orange kecoklatan. Warna inilah yang menjadi baju orang mistik di India. Dilantunkan oleh duet pemilik ‘soulful voice’, Arijit Singh dan Antara Mitra, lagu Gerua dapat meringkus jiwa pendengarnya ke dalam kedamaian tak terpermanai. Sungguh. 

Silakan bila ingin mencoba: https://www.youtube.com/watch?v=AEIVhBS6baE



Film ini terkesan terburu-buru. Dari skrip satu ke skrip lain, dari adegan pertama ke adegan selanjutnya berlangsung cepat dan nyaris tak menyisakan ruang untuk berkontemplasi memikirkan alur cerita. Tapi, hal tersebut rupanya memang wajar dan sudah tepatlah kiranya, mengingat durasi film ini kurang lebih 2.33.31. Sebagaimana telah masyhur bahwa kerjasama Shahrukh Khan dan Kajool kerap melahirkan chemistry yang memikat, maka film ini merupakan sebuah tontonan yang bagus dan cucok.



Load disqus comments

0 komentar